Langkah Kecil yang Begitu Besar untuk Bumi

10 Feb 2011
Green Your Mind!
Sesuatu yang indah akan terwujud nantinya bila kita memulai sesuatu dari suatu yang kecil dan dengan pikiran positif. Berawal dari kita sendiri untuk menciptakan dunia yang indah. Langkah-langkah kecil akan menjadi besar jika kita mau melakukannya.

Bumiku Bumimu Juga...
Gambar:1. Bumiku Bumimu Juga, Jaga dan Lestarikan


Kita semua berada di bumi yang kita cintai ini mengapa hanya mengambil Nikmatnya Dunia tetapi mengapa kita tidak pula menjaganya?..pulau kita pulau Indonesia terutama. Kita sebagai negara yang besar dengan hutan yang besar juga.. flora dan fauna yang bertebaran di nusantara ini patut kita pertanggung jawabkan dengan harapan anak-anak kita kelak akan menikmati dan merawat bumi ini juga.

Jika diri kita sendiri tidak merawatnya apakah anda tidak kasihan terhadap anak-anak kita?. Apakah kata anak kita jikalau bumi ini banyak sampah dimana-mana bertebaran dilingkungan bau menyengat, banjir dimana mana selokan tersumbat populasi hewan-hewan langka dan sebagainya berkurang?.. apakah anak kita akan diterlantarkan oleh bencana-bencana yang akan terjadi?.
Jadi anda dan saya mari jaga lingkungan ini secara optimal berfikir yang positif mempositifkan langkah kita dan melalukannya insyaallah akan terwujud dunia yang harmonis indah yang kita impi-impikan.

Apa Yang Bisa Kita Perbuat?.
Gambar: 2 Save The World Now!

Secara garis besar kita mungkin tidak mungkin mengurusi semua menjadikannya bumi ini indah lagi serperti dulu kala, dan tidak secapat yang kita bayangkan. Tetapi masih butuh proses untuk itu dan mulai dari mana kita akan melangkah?.. memang berat untuk melakukan hal-hal yang positif tetapi kalau tidak dimulai sekarang apa kata dunia?...

Hal Kecil Yang Berarti Besar
Gambar:3 Hal kecil yang berarti besar

Langkah kecil itu besar jika kita mau melakukannya. Dari contoh kecil akan merubah semuanya. Bagai mana bisa?.. Dikutip dari kisah di sekolah, jaman dulu saya sekolah waktu itu masih SMP ada seorang guru yang suka membuang putung rokok yang sudah  habis di tempat sampah sehabis dia istirahat dia berjalan dan menemukan sampah di depannya dia memunguti sampah tersebut dan menaruhnya di tempat sampah betapa malunya murid-murid ini sampai gurunya sendiri yang melakukan hal tersebut.

Murid-murid yang sadar dengan tingkah gurunya juga melakukan membuang sampah ditempat sampah bayangkan jika di sekolah ada 1000 siswa ?. insyaallah terwujud sekolah yang bersih dan nyaman.
Setelah melihat anak-anak tersebut kepala sekolahpun juga ikut bertindak dengan cara jika kita tidak membuang sampah pada tempatnya maka murid-murid akan mendapat denda sebesar Rp. 5.000 untuk kas kelas. Jadi setiap anak yang ketahuan maka akan mendapatkan denda. cerita tadi adalah sebagian kecil tetapi begitu besar manfaatnya. Sekarang kita pikirkan kembali apakah kita sebagai manusia tidak perduli terhadap lingkugna sendiri?

Daur Ulang Itu Perlu!
Gambar: 4 Daur Ulang
Setelah browsing-browsing di dunia maya ternyata banyak kerajinan yang berasal dari SAMPAH?.
What?.. tetapi jangan heran bila kiga melihat aksesories yang ditawarkan bisa menjadikannya jutaan rupiah, hasilnya juga banyak yang di eksport ke luarnegeri hebat bukan?..

Apakah penulis hanya berkata saja?.. :D haha.. dari ketertarikan saya saya juga mencoba memulai dari hal yang terkecil membuang sampah pada tempatnya, mematikan lampu jika tidak diperlukan lagi, kalau tanaman?.. kebetulan saya ngontrak, jadi halaman depan saya habis hehe :D kalau daur ulang?. Saya mencoba membuat usaha ini dari karpet yang tidak terpakai menjadikannya MOUSE PAD ala karpet hebatkan?.. jadi ayo gunakan ide-ide anda yang positif untuk menjadikannya besar di kemudian hari.


Siap Melesatarikan Dunia Nyata dan Dunia Maya?...
Gambar: 5 Peduli Lingkungan

Dunia Nyata adalah tempat dimana kita harus dan wajib melestarikan Bumi kita. mulai merawat diri sendiri tentunya kemudian lingkungan kita harus peduli lingkungan, peduli organik, peduli transportasi, peduli kurangi sampah, kurangi pencemaran, hemat kertas, hemat listrik, kemudian apa yang harus kita lakukan di dunia Maya?..
Melihat begitu banyak blogger Indonesia yang yang terjun di dunia maya ini. Saya pernah browsing di dunia maya ternyata blogger Indonesia juga banyak yang mempostingkan tentang pemanasan global di Blog-Blog mereka atau di website meraka, tidak ketinggalan juga forum-forum. Jadi jangan ketinggalan juga ayo sebarkan hal yang positif ini untuk negeri kita…. kampanye dunia hijau dimulai....

Semoga dengan memulai dari langkah kecil dunia GREEN akan terwujud..
Jadi ayoo.. positifkan pikiran kita dan LAKUKAN yang terbaik untuk Bumi Ini...

Bagai mana pendapatmu?.. apakah anda akan ikut melesatarikannya juga?.. anda mempunyai saran tentang aksi ini?.. Mari Berkomentar!

6 komentar:

{ Lukman efendi } at: 10 Februari 2011 pukul 13.47 mengatakan...

ayo gan.. share disini... bagai mana cara kita sebgai umat manusia bisa mewujudkan cita-cita mulia ini...

sundul gan..... :)

{ Ngentuts + Belajar PTC } at: 10 Februari 2011 pukul 14.40 mengatakan...

edan cuy.. artikelx buanyak dan menarik untuk dibaca... trus kren smua dah.... apalagi tentang penghijauan kembali... wah lajutkan gan.. saya mendukung juga. nieh......
aku ikut y gan kapanyenya.... :)

jng lupa mampir gan.. diblog ane.. pasti tak traktir kwkwkw

{ enzisoft } at: 10 Februari 2011 pukul 23.39 mengatakan...

haha... ayo... aku ikut juga....

smoga Indonesia akan kembali menjadi hijau dengan mengingatkan sesama blogger amien...

{ enzidesign2 } at: 11 Februari 2011 pukul 20.34 mengatakan...

waduh......................

ajib...... tancap gan....

bagus banget nieh...

ayo... selamatakan bumi juga... :D
mampir ya bro.....

Anonim at: 16 Maret 2011 pukul 04.47 mengatakan...

Assalamu’alaikum wr wb..
Saya newbi, mohon izin untuk nimbrung…perkenalan dulu saya SONHAJI dari www.pengurasWCtanpasedot.wordpress.com ,saya telah membaca beberapa tulisan di blog anda sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi diriku yang newbi ini. Saya akan berkunjungi lagi jika ada tulisan baru. Dan saya berharap adanya kunjungan ini bias selalu silaturrahim, memperbanyak teman bahkan saudara, terimakasih ya atas respon positifnya.
Wassalamu’alaikum WR WB

{ Lukman efendi } at: 25 April 2011 pukul 09.22 mengatakan...

@penguras: wa`alaikum salam wr.wb
salam kenal juga... trim dah visit di blog ane..
wah anda kalau koment ke blog orang selalu dengan format yang sama...

Posting Komentar

Komentarnya Mana?